Selasa, 10 Januari 2012

Program REFRESH Efektifkah Menurunkan Obesitas ?

Konsumsi energy yang tinggi dan aktifitas fisik yang rendah menyebabkan 58% ibu-ibu berusia di atas 18 tahun mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian yang dilakukan di Australia ini bertujuan membuktikan apakah program intervensi berbiaya rendah berbasis kelompok bermain (playgroup) dapat meningkatkan aktifitas dan pola makan pada ibu-ibu yang mempunyai anak balita.

Penelitian yang menggunakan metode randomized control trial menguji intervensi gaya hidup (nutrisi dan aktifitas fisik) ibu yang mempunyai anak usia 0 – 5 tahun yang mengikuti kelompok bermain di Perth, Australia Barat. Sembilan ratus peserta direkrut dan secara random dibagi ke dalam kelompok intervensi (n=450) dan kontrol (n=450). Penelitian ini menggunakan instrument Social Cognitive Theory (SCT) dan Transtheorical Model (TTM) serta Preceed-Proceed Framework untuk menyusun tujuan, wawancara motivasional, dukungan sosial, dan efikasi mandiri (self efficacy). Intervensi yang berlangsung selama 6 bulan ini menggunakan banyak strategi dan sumber daya untuk menjamin agar peserta tetap terlibat dan merasa betah. Strategi utama yang digunakan berbasis rumah tangga dan menggunakan instrumen booklet (buku panduan) yang dirancang khusus berisi informasi tentang pola makan dan aktifitas fisik, kekuatan otot dan diagram latihan yang fleksibel, daftar bacaan kandungan nutrisi  dan perencanaan menu. Strategi berbasis rumah tangga ini didukung pula dengan kalakarya (workshop) tentang asupan nutrisi dan aktifitas fisik tatap muka langsung (face to face) dalam kelompok bermain, pengiriman kabar berita (newsletter) dua-bulanan yang dikirim melalui pos atau email, dan layanan pesan singkat (SMS) pengingat bulanan lewat telepon genggam. Peserta dalam kelompok kontrol tidak menerima instrument-instrumen intervensi. Pengukuran dampak dilakukan awal penelitian, setelah 6 bulan dan 12 bulan baik pada kelompok control maupun kelompok intervensi.
Penelitian ini akan menambah basis bukti tentang rekrutmen, retensi, dan dampak intervensi pola makan dan aktifitas fisik berbasis komunitas pada ibu yang mempunyai anak balita.

  • Judul Penelitian : The protocol of a randomized controlled trial for playgroup mothers: Reminder on Food, Relaxation, Exercise, and Support for Health (REFRESH) Program
  • Tim Peneliti : Sarojini MDR Monteiro, Jonine Jancey, Peter Howat, Sharyn Burns, Carlie Jones, Satvinder S Dhaliwal, Alexandra McManus, Andrew P Hills, and Annie S Anderson.
  • Publikasi  : BMC Public Health,
  • Tanggal Publikasi : 16 Agustus 2011
  • Download naskah : http://adf.ly/4fIN0
Artikel Terkait :
  1. Minuman soda diet beresiko gangguan kardiovaskuler  
  2. Minuman energi dapat berdampak buruk pada kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar