Kamis, 29 Agustus 2013

Faktor Penyebab Kematian Ibu

Banyak faktor penyebab kematian ibu hamil atau ibu melahirkan. Bila dipilah-pilah ada 5 faktor penyebabnya, yaitu : faktor medis, sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan geografis. Semua akan penulis paparkan dalam 5 tulisan. Kali ini akan dibahas faktor medis.
Faktor Medis
Merupakan salah satu faktor penyebab kematian pada ibu hamil/melahirkan. Faktor medis menjadi penyebab kematian ibu antara lain; perdarahan (42,2%), eklamsia (1,6%), dan penyebab tidak langsung (14,1%). Hasil penelitian menunjukan 85% kematian yang disebabkan faktor medis dapat dihindari dengan memberikan perawatan, pertolongan dan perlindungan yang baik kepada ibu hamil/melahirkan.Karenanya perlu dilakukan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan ibu hamil.

Contoh lainnya, eklampsia dapat dihindari dengan cara sederhana, periksa kehamilan secara teratur pada tenaga kesehatan (dokter spesialis Obgyn, Dokter, atau Bidan) sejak awal kehamilan hingga saat persalinan sekurang-kurangnya 4 kali. Ingat 4 kali itu minimal lho, makin sering makin baik, terutama pada bulan terakhir sebelum persalinan.Dengan pemeriksaan ini, dapat diketahui kondisi kesehatan ibu dan perkembangan janin dalam kandungan ibu. Jika ditemukan kelainan dan hal-hal lain yang berpotensi menjadi penyulit pada proses persalinan nantinya, si ibu, keluarga dan warga sekitarnya diharapkan dapat membantu mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk calon pendonor darah jika sewaktu-waktu si ibu melahirkan membutuhkan tranfusi darah. Terus biayanya bagaimana ? Gak usah khawatir, pemerintah sudah berupaya membantu biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan bagi warga miskin, melalui dana Jampersal, BOK puskesmas. Jadi tidak perlu lagi khawatir soal biaya, tinggal datang dan bertanya di Puskesmas setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar