Senin, 19 Desember 2011

Pola, trend dan Perbedaan Sex Pada Mortalitas HIV/AIDS di Amerika Latin

Hasil penelitian kohor internasional telah diketahui bahwa pengobatan anti retroviral (ART) terbukti mampu meningkatkan daya tahan individu yang terinfeksi HIV. Penelitian berbasis populasi nasional telah lazim dilakukan di negara-negara industry maju, namun untuk negara-negara berkembang masih sangat jarang. Penelitian berbasis populasi ini mencoba mengkaji gambaran situasi regional terkait mortalitas HIV dan trend-nya di Amerika Latin dalam konteks adopsi kebijakan umum pengobatan ART dan perbedaan gender.

Peneliti mengumpulkan data penyebab kematian dari catatan statistik vital dari tahun 1996 – 2007 yang berkualitas “baik” atau “rata-rata” dan mengkajinya. Model rate mortalitas terstandarisasi (standardized mortality rate) dan regresi Poisson dikembangkan dan diterapkan bagi masing-masing Negara dan perbedaan tiap-tiap negara dikaji untuk mengidentifikasi pola mortalitas HIV sepanjang waktu di Amerika Latin.
Hasilnya : mortalitas HIV terstandarisasi terkait adopsi kebijakan publik pemberian pengobatan ART tertinggi terdapat di Panama dan El-Salvador, yang terendah di Chile. Selama periode waktu penelitian, terdapat tiga pola mortalitas HIV yang teridentifikasi sebagai akibat dari adopsi kebijakan umum pemberian ART gratis, luar biasa menurun, luar biasa meningkat, dan sedikit meningkat. Mortalitas HIV secara konsisten lebih banyak pada laki-laki daripada perempuan. Usia rata-rata kematian akibat HIV cenderung meningkat pada mayoritas Negara selama periode waktu penelitian.
Registrasi statistik vital telah nyata memberi informasi yang sangat berharga tentang mortalitas HIV di Amerika Latin. Ketika diperkenalkan kebijakan nasional pemberian ART gratis, di sejumlah negara diikuti dengan penurunan tingkat mortalitas HIV di populasi dan meningkatkan usia kematian, namun di negara lainnya justeru mortalitas HIV-nya meningkat. Untuk itu perlu penelitian lebih lanjut tentang faktor penghambat efektifitas penerapan ART dan cakupannya terkait kebijakan publik pemberian ART gratis.

·         Judul Penelitian : Patterns, trends and sex differences in HIV/AIDS reported mortality in Latin American countries: 1996-2007
·         Tim Peneliti : Monica Alonso Gonzalez, Luise Martin, Sergio Munoz, Jerry O Jacobson.
·         Publikasi  : BMC Public Health
·         Tanggal Publikasi : 29 Juli 2011
·         Download naskah : http://adf.ly/4dwUX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar